Sunday, March 23, 2008

Into The Wild


Curug Cigamea, nama tersebut pertama saya dapatkan dari seorang sahabat lama yang tinggal di Bogor. Kemudian malam hari saya coba cek di google dan dapatlah beberapa foto tentang curug Cigamea. Hal tersebut semakin membuat saya semakin penasaran ingin mengunjungi tempat tersebut yang konon dekat dengan kota Bogor. Seperti biasa, I am a lonely traveller sometimes. Dan kadang dikala jemu, saya menemukan keasyikan sendiri berpetualangan di alam bebas. Tanpa disadari saya sudah melakukan hal tersebut semenjak saya bekerja di Bali. Hanya berbekal sebuah peta, saya bisa membawa mobil dari Denpasar – Jakarta seorang diri untuk pertama kalinya, hal tersebut mengalahkan rasa takut saya akan kesendirian dan kebosanan.

Seperti dalam film Into The Wild arahan sutradara Sean Penn. Dalam buku dan film Into The Wild, dikisahkan bagaimana seorang manusia harus keluar dari zona nyaman (comfort zone) dan mencoba bersahabat dengan alam. Kali ini saya mencoba keluar dari zona nyaman yang selama ini sering saya lakukan.

Dengan mengendarai sepeda motor, saya mencoba seorang diri untuk menemukan dimana letak Curug Cigamea yang membuat saya penasaran selama beberapa hari ini. Dari arah Bekasi saya memacu motor saya melewati Cibubur – Cileungsi – Cibinong – Pintu Tol Sentul, kemudian mengambil arah ke Bogor. Setelah sampai dipertigaan menuju ke kota Bogor, saya mengambil arah ke Kedung Halang - Warung Jambu, dari Warung Jambu saya belok kanan menuju ke arah Taman Jasmine, kemudian diteruskan ke arah terminal Bubulak – JL. Raya IPB Darmaga. Nah kemudian saya mencoba bertanya arah Curug Cigamea.

Perjalanan dilanjutkan dari depan IPB Darmaga menuju ke arah Leuwiliang, dari Jalan Raya Warung Boyong saya kembali bertanya dengan penduduk lokal. Dan jawabannya cukup mengejutkan, ia tidak pernah mengunjungi Curug Cigamea dan kemudian ia membantu saya untuk menanyakan dengan saudara lelakinya. Dari situlah saya tahu bahwa saya tidak salah jalan. Kemudian saya memacu motor saya kembali, entah mengapa saya sepertinya ingin kembali bertanya. Didepan Indomart saya bertanya ke seorang tukang ojek yang saya harapkan tahu arahnya, ternyata hanya 2 meter dari tempat saya bertanya ada sebuah belokan ke kiri. Nah itu arah ke Curug Cigamea, jadi apabila kalian mau kesana harus extra hati-hati jangan sampai keterusan. Sesampainya di Jalan Raya Warung Boyong yang menuju ke Leuwiliang, ada dua buah mini market (Indo Mart dan Alfa Mart) yang bersebrangan. Disitulah kalian harus belok ke kiri. Hebatnya...tidak ada satupun penunjuk jalan yang mengatakan bahwa jalan tersebut menuju ke Curug Cigamea. Menurut penuturan tukang ojek yang baik hati itu, jarak ke Curug Cigamea dari IndoMart sejauh 15 km. Berarti perkiraan saya sekitar 30 menit waktu tempuhnya.

Diujung tampak dengan megah berdiri Gunung Salak, salahsatu gunung Keramat di Jawa Barat setelah Gunung Gede dan Ciremai. Karena konon di Gunung Salak inilah Prabu Siliwangi, Maharaja Kerajaan Hindu Padjajaran – Siliwangi moksa (menghilang). Beliau menghilang di Gunung Salak karena menurut sejarah terdesak oleh kerajaan Islam dari Cirebon. Untuk itu, saya mengikuti prinsip Tri Hita Karana(manusia dengan Tuhan, Alam dan sesama), saya percaya pasti ada hal yang secara kasat mata tidak terlihat - yang berada disekitar gunung tersebut. Untuk itu dalam hati saya selalu mengucapkan salam menurut kepercayaan agama saya. Yang saya minta agar diberi keselamatan dan agar tidak diberi hujan, karena saya ingin menikmati ciptaan Tuhan YME, the amazing waterfalls – Curug Cigamea. Dari penuturan teman saya, bahwa Bogor dilanda hujan terus menerus dan saya disarankan agar jangan mengunjungi Curug tersebut. Tapi entah kenapa, minggu siang kemarin cuaca sangat bersahabat sekali, walau awan mendung berada di arah selatan gunung Salak. Bahkan Gunung Salak terlihat sangat indah sekali.

Jalan kecil yang menanjak menjadi tantangan sendiri buat saya, apabila kalian membawa mobil – saya sarankan agar membawa 4 wheel drive dan jangan lupa dicek remnya. Jalan yang dituju tidak terlalu lebar, lebarnya hanya 3,5m tapi beraspal cukup baik. Udara dingin segera menyambut saya karena ternyata lokasi yang dituju berada di perut Gunung Salak. Betapa senangnya saya karena disepanjang perjalanan saya bisa menghirup udara segar tanpa polusi dan terkadang saya mencium aroma kayu bakar. Sudah lama saya merindukan aroma kayu bakar, hal tersebut mengingatkan saya semasa berkunjung ke rumah almarhum nenek di Tulungagung. Almarhum selalu memakai kompor kayu bakar, walau sudah dibelikan kompor minyak oleh mama saya.

Kiri dan kanan jalan hanya keindahan alam tropis yang tiada terkira. Sawah yang menguning, beberapa orang sedang sibuk membajak sawah, rerimbunan pohon bambu, sementara dibelakangnya hutan lebat milik Sang Prabu Siliwangi di halaman rumahnya, Gunung Salak Permai. Hampir 30 menit berlalu, tapi saya masih belum menemukan tanda ke arah Curug. Saya jadi curiga apabila saya tersesat. Ternyata diujung sebuah pertigaan, terdapat sebuah papan penunjuk arah dari kayu yang dicat warna hijau dengan cat yang sudah mengelupas sebagian dan tertulis,”Curug Cigamea, Gunung Bundar, Curug Ciampea, Curug Ciherang, Kawah Ratu”.

Saya ikuti saja petunjuk tersebut dan tidak berapa lama kemudian tibalah saya di pintu gerbang bertuliskan,”Selamat Datang, Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun, Bogor”. Huh....tulisan tersebut semakin membingungkan saya, karena saya tidak hendak ke arah Gunung Halimun, tujuan utama saya adalah Curug Cigamea di Bogor. Ternyata setelah membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 saja (Rp 3000 untuk asuransi/org dan Rp 2000 untuk retribusi motor). Damned....it’s so cheap!! Pantesan saja tidak dikelola secara profesional, jangankan brosur yang memuat peta wisata. Bahkan di situs internet, informasi yang saya dapatkan sangat minim sekali. Inilah kehebatan Pemda Bogor dalam mengelola tempat wisata yang indah dan kehebatan Menteri Pariwisata Indonesia dalam membuat event internasional “Visit Indonesia year 2008”. Pelanduk didepan mata saja tidak keliahatan, sementara gajah disebrang lautan terlihat begitu bersinar. What a shame!!!

Jejeran pohon pinus menyambut saya...senangnya hati saya waktu itu. Selekasnya saya membuka helm pengaman, agar membiarkan setiap helai rambut di kepala dan otak saya menikmati keindahan alam dan kesejukan udara pegunungan. I was so speechless and act like a kid on the cycle. Sebelah kanan jalan terdapat papan pengumuman rute menuju ke Curug Ciampea yang hanya berjarak 200 m. Tapi saya meneruskan perjalanan hingga saya menemukan Curug Cigamea. Dijalan kecil tersebut, saya melihat seorang anak kecil melintas sambil membawa barang dagangan. Saya iba melihatnya, saya membalikkan motor dan membeli sebuah minuman soda sebagai penolak dahaga. Hm....masih sangat kecil sekali dan harus berjualan. Yang parah ia berjalan kaki dari tempat yang saya tidak tahu darimana ia berjualan.

Tak berapa lama, saya menemukan sebuah Curug yang bernama Curug Ciherang. Saya memarkir motor yang dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3000/motor. Saya kemudian berjalan kaki menuju curug tersebut. Btw curug means waterfalls in Sundanese. Lokasi wisata tersebut cukup resik, beberapa orang sedang asyik bercengkarama dengan pasangannya dan beberapa keluarga sedang asyik melahap makanan di dalam saung yang disediakan gratis oleh pihak pengelola. Curug Ciherang tidak terlalu besar dan beberapa org sedang asyik mandi dibawah kucuran air terjun Ciherang. Wah senangnya melihat mereka bermain air. Tapi saya masih belum menemukan tempat yang saya impikan.

Hanya 15 menit saya menikmati Curug Ciherang yang ternyata memang disukai oleh keluarga karena ada fasilitas untuk anak-anak dan sebuah sungai kecil yang aman bagi para babies. Disepanjang jalan banyak muda mudi yang sedang asyik pacaran diatas motor sambil menikmati ridangnya pohon pinus. Hm....seru juga..

Wow...ternyata masih ada Curug Ngumpet, tapi saya nggak sempat kesana karena tujuan utama belum didapatkan. Jalan naik turun menguji ketahanan motor dan fisik saya. Dan banyak vila bari dibangun disana. Arghh...semoga pembangunan vila tersebut tidak mengganggu alam. Banyak juga vila yang disewakan. Wah kayaknya bisa dijadikan alternatif penginapan neh selain di puncak. Daripada macet di puncak, menginap di vila sekitar sini pasti nyaman dan terjangkau harganya. Banyak warung makanan di kanan dan kiri jalan, jadi tidak usah takut kuatir apabila lapar melanda pas saat liburan. Vila tersebut sangat cocok untuk tempat kontemplasi, retret dan lain sebagainya. Eh...ada vila pinken lho...semua catnya berwarna pinky!!

Sekitar 2 menit dari Vila Pinky, akhirnya saya menemukan Curug Cigamea. Beberapa motor tampak diparkir berjejer. Setelah memarkir motor, saya masih harus melewati sebuah gerbang kecil dan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 2500 saja. (Again...It’s so cheapppp!!) Tangga kecil yang menurun menyambut saya dan Alhamdullillah dari kejauhan sudah tampak sebuah aliran air terjun ditengah rerimbunan pohon. Tapi masih jauh tampaknya, saya masih harus menuruni tangga dan jalan berliku yang sudah sangat rapi, dibeton dan diberi pegangan besi pinggirnya sehingga sangat aman dilewati sejauh kurang lebih 1 km. Hmmm...turunnya gampang neh, pas naiknya....bisa nggak yakh???

Akhirnya dalam waktu 15 menit saya sudah tiba di dua buah air terjun yang besar, Oh My GOD..... it’s twin waterfalls. Banyak pengunjung yang sudah berendam, mandi dibawah pancuran air terjun yang mengalir dengan derasnya dari ketinggian sekitar 15 – 20 meter. Saya sudah tidak tahan lagi untuk melepas baju dan berada dibawah air terjun. Setelah berganti baju, saya segera menuju ke air terjun Curug Cigamea part one. Airnya begitu dingin tapi sangat menyejukkan. Saya cukup lama berada dibawah pancuran air terjun tersebut, jadi ingat sebuah penelitian di Jepang bahwa air terjun mengandung ion negative yang sangat baik sekali bagi tubuh. Ion negative (Chi) adalah atom oksigen dengan elektro esktra yang dapat membuat tubuh anda merasa lebih baik dan ion negative banyak terdapat di pegunungan serta didekat air terjun. Ion negative tersebut sangat baik sekali untuk menetralisir racun dalam tubuh, meningkatkan aliran oksigen dalam otak, memperbaiki sirkulasi darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga jangan aneh apabila sehabis berada di bawah air terjun dan sekitar air terjun, tubuh merasa sangat segar. Hal itu karena partikel ion negative yang dibawa oleh air terjun bagi manusia dan sekitarnya. Kandungan Ion negative dalam air terjun alami sebesar 25,000 – 100,000 cc. It’s a water theraphy, guys!!!

Nah sekarang saatnya menikmati Curug Cigamea part two...letaknya hanya sekitar 10 meter saja tapi awas jangan sampai terjatuh karena batu pegunungan yang lumayan licin kena air. Dan ada satu hal kekurangan di tempat wisata alam ini, seperti tempat wisata yang lain yaitu tempat sampah dan tempat penitipan tas. Saya harus extra hati-hati karena pergi sendirian jadi harus memposisikan tas ditempat yang terlihat dan terjangkau agar tidak ada tangan-tangan jahil mengambil benda berharga saya. Beruntung ada sepasang muda-mudi yang juga ingin berendam, menyuruh saya agar menaruh tas saya didekat tas mereka. Err....it’s may good karma, I guess.

Saya pun segera menuju ke ujung air terjun dan yang satu ini agak dalam. Sekitar 120cm dalamnya, sehingga kita bisa berenang. Duh sangat nyaman sekali berada di bawah air terjun, I felt free....saya sangat menikmati setiap tetesan air yang menerpa tubuh saya. Airnya cukup dingin dan sangat jernih sekali. Sehingga saya bisa melihat dasarnya...walau dari jauh tampak berwarna hijau toska. Sempat berbicara dengan pasangan tersebut, mereka anak kuliah dari UI Depok...wah...satu almamater donk!! Selama hampir 1 jam saya berada disekitar air terjun Curug Cigamea part two..dan rasanya tidak bosan hingga detik ini saya menulis di blog. Dan doa saya dikabulkan, cuaca sangat cerah, tidak ada hujan walau waktu sudah menunjukkan pukul 16.45 WIB.

15 menit kemudian saya mentas, keluar dari zona into the wild dan berganti baju. Disediakan beberapa kamar mandi untuk bilas dan ganti baju dengan biaya Rp 2000/orang, masih murah khan?? Nah ujian kedua telah tiba, sebelumnya saya membeli sebuah air mineral agar tidak dehidrasi. Tangga demi tangga berhasil saya daki, diujung lembah tampak Curug Cigamea yang sangat indah buat saya. Perjalanan waktu tempuh selama 2 jam dari bekasi dengan motor sudah terbayarkan. I left it with a smile....and I promise I WILL BE BACK!!!!

Pukul 17.30 saya meninggalkan lokasi Curug Cigamea, the hidden paradise for me dan saya sudah berhasil menaklukan rasa penasaran saya. Tapi saya masih punya 3 Curug lagi di kawasan yang sama yang masih belum di sentuh. Perjalanan pulang diantara rerimbunan pinus dan hari yang hampir gelap...saya menemukan segerombolan anak-anak kecil penjaja makanan dan rokok. Iba rasanya...seandainya saya membawa mobil, saya ingin mengajak mereka bareng...sampai tempat yang mereka ingin tuju. Karena kasihan jaraknya cukup jauh dengan jalan kaki.

Perjalanan kali ini sangat menyenangkan....semua tercapai dan hasilnya sungguh diluar dugaan. Begitu keluar dari pintu gerbang kawasan wisata taman nasional gunung Halimun....hujan mulai turun rintik-rintik. Sepertinya Tuhan mengabulkan doa saya tadi, hujan tidak lama berhenti. Dan ternyata dikota Bogor hujan deras baru saja mengguyur, karena terlihat dari jalanan yang sangat basah. Dan sepertinya ini waktunya untuk menikmati wisata kuliner di Bogor.

Opps...didepan kampus IPB Darmaga Bogor terdapat sebuah warung kecil dipinggir jalan bertuliskan “Nasi Kucing Solo”. Saya masih menimbang-nimbang, apakah saya harus mencobanya?? Dan akhirnya saya berhenti, membalikkan motor dan menuju ke warung nasi kucing solo tersebut. Nasi Kucing mengingatkan saya semasa masa kuliah di kawasan Babarsari, Yogyakarta pada tahun 1995. Menu nasi kucing sangat minim, sebuah nasi bungkus sebesar kepalan tangan orang dewasa yang berisi sayur bening dan orek tempe/tahu/telur dadar dengan harga Rp 500/bungkusnya dan sangat cocok sekali sekali buat kantung mahasiswa seperti saya ditahun 1995an. Saat ini nasi kucing solo yang saya tuju sudah seharga Rp 1500/bungkus dengan menu sayur + telur/tongkol, masih murah khan??? Saya memesan sebuah nasi kucing isi telur kemudian saya tambahkan tempe dan rempela ati serta segelas wedang jahe untuk penghangat badan. Sambil makan saya mengajak ngobrol si penjual yang ternyata berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Sebut saja namanya Mas Hek dan ia baru 3 bulan buka warung tersebut, sebelumnya ia menjadi supir dan penjaga fotokopi didekat kampus IPB. Ia juga yang memasak makanan tersebut dan ternyata ia seorang anak yatim piatu. Obrolan kami sore itu cukup menarik, saya menyarankan agar ia mengubah konsep warung kaki limanya menjadi warung lesehan. Dan ia juga bercerita bahwa warungnya ramai oleh anak kuliahan kalau malam, cuma sayang malam itu adalah masih liburan bagi anak kuliahan. Tapi ia masih bersyukur karena masih cukup ramai pembelinya. Wedang jahenya cukup enak dan membuat badan saya hangat. Mas Hek sangatlah ramah dan saya cukup berkesan dengannya. And it’s time for me to go home. Setelah berpamitan, saya pulang. Mak Hek kembali melayani seorang pelanggannya, seorang mahasiswi.

It’s a lovely journey....I met alot of things and they were so nice to me. God has given me a gift, so I could get a multi package of joy....an amazing nature, a nice couple and a nice evening conversation. I promise I wil be back and eat nasi kucing solo, sambil menikmati alunan musik dari KLA Project – Yogyakarta........Ciao, Bella!!

39 comments:

Anonymous said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]buy educational software, [url=http://firgonbares.net/]kaspersky antivirus full download[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] cheap cs3 software in store software
microsoft office 2003 key gen [url=http://firgonbares.net/]adobe acrobat 9 key[/url] discount microsoft software
[url=http://firgonbares.net/]educational software cd[/url] adobe software dealer
[url=http://firgonbares.net/]microsoft windows xp updates[/url] sale software solutions
buy phone software [url=http://firgonbares.net/]software usa canada[/b]

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]selling the software, [url=http://firgonbares.net/]teacher discount on microsoft office[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] adobe photoshop cs4 for photographers microsoft office 2003 key generator
adobe softwares [url=http://firgonbares.net/]discount adobe software for[/url] buy cheap adobe software
[url=http://firgonbares.net/]microsoft office 2003 standard edition[/url] buying softwares
[url=http://firgonbares.net/]8 Retail Price[/url] academic software programs
construction software sales [url=http://firgonbares.net/]microsoft windows xp[/b]

Anonymous said...

Hello !.
You re, I guess , perhaps very interested to know how one can reach 2000 per day of income .
There is no need to invest much at first. You may commense to receive yields with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you need
The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with affiliates everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become an affluent person?
That`s your chance That`s what you wish in the long run!

I`m happy and lucky, I began to get income with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to choose a proper companion utilizes your money in a right way - that`s it!.
I take now up to 2G every day, and my first investment was 500 dollars only!
It`s easy to get involved , just click this link http://ilytogoka.exactpages.com/orapot.html
and lucky you`re! Let`s take this option together to feel the smell of real money

Anonymous said...

Hi !.
You may , probably curious to know how one can manage to receive high yields .
There is no need to invest much at first. You may start earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you need
The company represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with affiliates around the world.
Do you want to become an affluent person?
That`s your choice That`s what you wish in the long run!

I`m happy and lucky, I started to get income with the help of this company,
and I invite you to do the same. It`s all about how to select a proper companion utilizes your savings in a right way - that`s it!.
I earn US$2,000 per day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
It`s easy to get involved , just click this link http://rasocaqyq.kogaryu.com/itumik.html
and go! Let`s take this option together to get rid of nastiness of the life

Anonymous said...

Hello everyone!
I would like to burn a theme at here. There is such a thing, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of ponzy-like structure, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

For quite a long time, I earn money with the help of these programs.
I'm with no money problems now, but there are heights that must be conquered . I get now up to 2G a day , and my first investment was 500 dollars only.
Right now, I managed to catch a guaranteed variant to make a sharp rise . Visit my blog to get additional info.

[url=http://theblogmoney.com] Online investment blog[/url]

Anonymous said...

Good day, sun shines!
There have were times of troubles when I felt unhappy missing knowledge about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright pessimistic person.
I have never imagined that there weren't any need in big initial investment.
Nowadays, I feel good, I started to get real income.
It gets down to select a correct companion who uses your money in a right way - that is incorporate it in real business, parts and divides the profit with me.

You may get interested, if there are such firms? I'm obliged to answer the truth, YES, there are. Please get to know about one of them:
http://theblogmoney.com

Anonymous said...

singles adventure travel [url=http://loveepicentre.com/]free online dating[/url] dating tall married women http://loveepicentre.com/ dating direct

Anonymous said...

cathedral city auto audio store [url=http://www.cardvdplanet.com/1-din-built-in-tft-online-store1.html]auto dvd installation marietta kennesaw georgia[/url] oem car audio ford taurus http://www.cardvdplanet.com/7-inch-in-dash-tft-lcd-monitor-16-9-with-dvd--discount-price72.html overhead auto dvd player
ho auto audio [url=http://www.cardvdplanet.com/3-5-inch-car-dvd-player-and-tft-with-usb-and-sd--discount-price70.html]auto dvd player sony[/url] aams auto audio mastering system http://www.cardvdplanet.com/5-inch-tft-screen-car-dvd-play-with--discount-price109.html ipod touch auto audio cable
ford cd cassette car audio [url=http://www.cardvdplanet.com/7-inch-display-car-dvd-player-touchscreen--discount-price44.html]auto audio chesapeake virginia[/url] auto audio wiring kits http://www.cardvdplanet.com/buy-cheap-car-dvd1.html auto audio las vegas

Anonymous said...

Hi everybody!

Sure, you’ve heard about me, because my fame is running in front of me,
my name is Peter.
Generally I’m a social gmabler. all my life I’m carried away by online-casino and poker.
Not long time ago I started my own blog, where I describe my virtual adventures.
Probably, it will be interesting for you to find out how to win not loose.
Please visit my web page . http://allbestcasino.com I’ll be glad would you find time to leave your comments.

Anonymous said...

http://online-health.in/bentyl/bentyl-addiction
[url=http://online-health.in/aspirin/can-i-take-aspirin-with-ibuprofen-htm]b levitra b[/url] drug rehawb and las vegas nv [url=http://online-health.in/avodart]avodart[/url]
countries doing drugs http://online-health.in/azelastine/azelastine-hydrochloride-opthalmic-generic
[url=http://online-health.in/benazepril/benazepril-medicinedrug-company-made-by]cialis ed health man[/url] drugs game coffee [url=http://online-health.in/avapro/avapro-tablet]avapro tablet[/url]
drug tests for poppers http://online-health.in/beconase/azulfidine
[url=http://online-health.in/asthma/asthma-alternative-medicines]us customs prescription drugs[/url] who are the drug users [url=http://online-health.in/bentyl/bentyl-dosing]bentyl dosing[/url] viagra cyalis levitra compared [url=http://online-health.in/ashwagandha/ashwagandha-monogaphs]ashwagandha monogaphs[/url]

Anonymous said...

france automobile manufacturer http://autoexpress.in/porsche/porsche/944/interior free mercedes benz cartoons
[url=http://autoexpress.in/saleen]troubleshoot 2000 volkswagen beetle fan resistor[/url] willy dodge crysler [url=http://autoexpress.in/nissan/nissan/games]nissan games[/url]
horse irish racing result http://autoexpress.in/maybach/ny/maybach/rental
[url=http://autoexpress.in/royce/rolls/royce/steps/am/1/back]listers volkswagen[/url] barracuda auto [url=http://autoexpress.in/romeo/alexander/alfa/romeo]alexander alfa romeo[/url]
fast car racing games http://autoexpress.in/scooter/oem/parts/honda/scooter/elite
[url=http://autoexpress.in/oldsmobile/what/does/the/442/in/oldsmobile/442/stand/for]dc volkswagen[/url] tango electric automobile [url=http://autoexpress.in/plymouth/northridge/church/on/teritorial/in/plymouth/michigan]northridge church on teritorial in plymouth michigan[/url]

Anonymous said...

spain travel infor http://greatadventures.in/flight/flight-schedule-papeete travel check list
[url=http://greatadventures.in/tourism/nb-tourism]highwave travel mug[/url] aureus travel nurses [url=http://greatadventures.in/flight/first-non-stop-commercial-flight-california-australia]first non stop commercial flight california australia[/url]
travel and tour in california http://greatadventures.in/adventure/phone-number-for-kent-state-adventure-center
[url=http://greatadventures.in/tours/ionian-jewel-italian-tours]aaa travel guide tickets[/url] air cheap cheap flight international travel [url=http://greatadventures.in/inn/comfort-inn-lake-buena-vistra-orlando]comfort inn lake buena vistra orlando[/url]
miramichi travel http://greatadventures.in/tours/grise-fjiord-tours passport requirements to travel to the bahamas [url=http://greatadventures.in/cruise/stay-cruise-parl-ft-lauderdale]stay cruise parl ft lauderdale[/url]

Anonymous said...

illinois auto salvage yards http://latestcarnews.in performance racing hoods
[url=http://latestcarnews.in/lancia/dunlop-brake-lancia-fulvia]importing classic mercedes to florida[/url] automobile parts diagrams mazda [url=http://latestcarnews.in/subaru/van-bortel-subaru]van bortel subaru[/url]
volkswagen body parts http://latestcarnews.in/top-fuel/ford-focus-fuel-pump-location
[url=http://latestcarnews.in/volvo/oil-for-a-2003-volvo-s60]dodge code u0010[/url] arizona auto dealership [url=http://latestcarnews.in/peugeot/peugeot-206-cc-used-car]peugeot 206 cc used car[/url]
chinese automobile industry fdi http://latestcarnews.in/saturn/engine-type-saturn-vue
[url=http://latestcarnews.in/rover/land-rover-and-iphonw]fiberglass hood for 1980 dodge aspen[/url] automobile seat replacement parts [url=http://latestcarnews.in/spyker/spyderco-spyker]spyderco spyker[/url]

Anonymous said...

cheap cars quad cities travel http://wikitravel.in/car-rental/car-rental-belfast mass pike travel conditions
[url=http://wikitravel.in/flight/flight-director]fair lawn travel[/url] punta cana travel forums [url=http://wikitravel.in/tour/niagara-falls-tour-guide]niagara falls tour guide[/url]
travel fraud http://wikitravel.in/motel/little-shamrock-motel-870-285-2342
[url=http://wikitravel.in/tour]garmin travel guide[/url] how do i make my travel dreams come true [url=http://wikitravel.in/cruises/gambling-cruises-georgia]gambling cruises georgia[/url]
alexander the great my travel http://wikitravel.in/maps/ny-to-paris-google-maps didge advantage travel [url=http://wikitravel.in/inn/fairfield-inn-virginia-beach]fairfield inn virginia beach[/url]

Anonymous said...

giada de laurentis http://topcitystyle.com/pullover-page6.html rapper shoes [url=http://topcitystyle.com/christian-audigier-dresses-brand106.html]marbury shoes[/url] pointe shoes
http://topcitystyle.com/?action=products&product_id=1916 problems faced by graphic designers before the use of multimedia software [url=http://topcitystyle.com/armani-on-sale-brand8.html]girls in stiletto shoes[/url]

Anonymous said...

disneychanel http://topcitystyle.com/-classic-men-category87.html fashion malls in maryland [url=http://topcitystyle.com/dark-green-on-sale-color49.html]no shoes no shirt no problem live[/url] small space clothes storage
http://topcitystyle.com/khaki-leather-shoes-color28.html ralph lauren seychelles [url=http://topcitystyle.com/?action=products&product_id=2563]gucci deigns[/url]

Anonymous said...

trendy clothes http://topcitystyle.com/vae-victis-zip-jacket-for-men-black-item2165.html szilvia lauren [url=http://topcitystyle.com/long-sleeve-tops-page4.html]laurentian[/url] designer shoe discount store brussels
http://topcitystyle.com/miss-sixty-casual-tops-brand25.html designer boys clothes [url=http://topcitystyle.com/bacci-abbracci-long-sleeve-tops-brand57.html]illini clothes[/url]

Anonymous said...

crissy free sexy clips http://theporncollection.in/moms/kanye-speaks-about-moms-death
[url=http://theporncollection.in/gay-love/prioners-fucked-gay]adult image host free[/url] adult shops asheville nc [url=http://theporncollection.in/lesbian-xxx/mature-lesbian-maids]mature lesbian maids[/url]
video sexy free http://theporncollection.in/orgasm/amateur-watch-me-orgasm
[url=http://theporncollection.in/masturbating/female-masturbating-movie]anthony shaw porn[/url] new hentai list [url=http://theporncollection.in/lesbian-sex/lesbian-kentucky-kelly-barker]lesbian kentucky kelly barker[/url]
hentai enema http://theporncollection.in/orgasm/have-an-orgasm
[url=http://theporncollection.in/gay-male/gay-teenagers-blowjobs]sexy vids on your mobile[/url] young dildo stories [url=http://theporncollection.in/gay-xxx/gay-boys-pa]gay boys pa[/url]
grade 9 porn http://theporncollection.in/gay-video/tom-selleck-gay
[url=http://theporncollection.in/orgasm/orgasm-denial-escorts]oiled anal[/url] jbox made hentai [url=http://theporncollection.in/gay-sex/robert-reynolds-gay]robert reynolds gay[/url]

Anonymous said...

free adult movies movie stream [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-american-gangster/20619database/]American Gangster[/url] aquamarine movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-vi-fem-i-knipa/4606database/]Vi Fem I Knipa[/url]
vacancy movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-slavoj-zizek---o-guia-pervertido-do-cinema--the-pervert-s-guide-to-cinema----parte-2-de-3---legendado/11877database/]Slavoj Zizek - O Guia Pervertido Do Cinema (The Pervert's Guide To Cinema) - Parte 2 De 3 - Legendado[/url] lethal women the movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-american-pie-beta-house/27808database/]American Pie Beta House[/url]
black free fuck movie porn [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-dodgeball---a-true-underdog-story/17583database/]Dodgeball - A True Underdog Story[/url] chicago movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-boarding-gate/5516database/]Boarding Gate[/url]
movie theaters [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-so-i-married-a-axe-murderer/22113database/]So I Married A Axe Murderer[/url] submit anal fuck movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-bandits/14411database/]Bandits[/url]

Anonymous said...

henry laurens charleston http://www.thefashionhouse.us/scarfs-amp-hats-accessories-category57.html brooks running shoes [url=http://www.thefashionhouse.us/explosion-evening-cocktail-brand107.html]natural comfort shoes[/url] steve madden shoes
http://www.thefashionhouse.us/a-m-n-madness-national-tight-fit-pants--item1338.html women shoes [url=http://www.thefashionhouse.us/richmond-casual-brand18.html]lauren lee smith[/url]

Anonymous said...

breakthrough medical device sales job minnesota [url=http://usadrugstoretoday.com/products/plavix.htm]plavix[/url] what effect does aspirin have http://usadrugstoretoday.com/products/sumycin.htm
fda panel meetings [url=http://usadrugstoretoday.com/products/femara.htm]femara[/url] best brand of calcium to take [url=http://usadrugstoretoday.com/products/brand-cialis.htm ]give me a clean heart [/url] stress with smoking cigarettes
pda medical dictionary [url=http://usadrugstoretoday.com/products/azulfidine.htm]azulfidine[/url] alternative medicine for back pain http://usadrugstoretoday.com/catalogue/g.htm
van valkinburgh sacred heart [url=http://usadrugstoretoday.com/products/flovent.htm]flovent[/url] legalisation of drugs [url=http://usadrugstoretoday.com/products/acai-natural-energy-boost.htm ]intestines and staph infections [/url] clitoral enhancement

Anonymous said...

http://xwv.in/ultram/buy/online/pain/ultram
[url=http://xwv.in/ivermectin/demodectic/mange/and/ivermectin]ginkgo interaction drugs[/url] levitra and cialis and viagra [url=http://xwv.in/ketoconazole/ketoconazole/tinea/capitis]ketoconazole tinea capitis[/url]
pharmacy heinsberg geilenkirchen http://xwv.in/lopid/pfizer/maxaquin
[url=http://xwv.in/naltrexone/naltrexone/urine/testing]hi blood pressure erectile disfunction[/url] pharmacy professional web sites [url=http://xwv.in/karela/karela/images]karela images[/url]
online pharmacy ephedra 50mg http://xwv.in/ivermectin/ivermectin/dosage
[url=http://xwv.in/mycelex/mycelex/troches]all about clartin drug[/url] a reason for using drugs [url=http://xwv.in/zyban/heart/attack/and/zyban]heart attack and zyban[/url] nsay no to drugs [url=http://xwv.in/mycelex/mycelex/troches]mycelex troches[/url]

Anonymous said...

gucci wallets http://luxefashion.us/-fabric-bags-women-category98.html discount designer coats [url=http://luxefashion.us/dark-blue-jackets-amp-sweatshirts-color11.html]dj clothes[/url] paul deschanel
http://luxefashion.us/-tunic-roberto-cavalli-category61.html disneychanel [url=http://luxefashion.us/gucci-luxury-polo-shirt-for-men-navy-blue-item2166.html]mary jane shoes[/url]

Anonymous said...

play blackjack online with helps http://xwn.in/online-casinos_london-casinos ohlahoma lottery results
[url=http://xwn.in/roulette_virtual-online-roulette-game]buy lottery number chooser[/url] uk lottery board online [url=http://xwn.in/betting_golf-betting-pick]golf betting pick[/url]
biloxi hardrock casino http://xwn.in/keno_store-in-orland-park-illinois-that-sales-poker-keno
[url=http://xwn.in/keno_keno-lottery-states]twin rivers gambling[/url] florida 850 florida state lottery [url=http://xwn.in/poker-online_poker-accessories]poker accessories[/url]
why is there 2 jokers in every pack of cards http://xwn.in/bingo_pay-to-play-bingo esl worksheet bingo dauber [url=http://xwn.in/bingo]bingo[/url]

Anonymous said...

mike mclaughlin magic shoes racing http://luxefashion.us/?action=products&product_id=2215 ko jo fashion guy [url=http://luxefashion.us/yellow-men-underwear-color44.html]pics of chanel perfume[/url] fashion nails columbia city
http://luxefashion.us/leather-shoes-page7.html kleinschmalkalden [url=http://luxefashion.us/dark-turquoise-women-s-tops-color52.html]the laurentian and staples thesis in northern canada[/url]

Anonymous said...

bingo royal http://wqm.in/bingo_gaffney-sc-bingo western hotel and casino
[url=http://wqm.in/poker-online]lottery in internet[/url] bingo glossary [url=http://wqm.in/jokers_jokers-to-the-left-of-me-clowns-to-the-right]jokers to the left of me clowns to the right[/url]
ndeposit casino bouns http://wqm.in/online-casinos_list-of-casinos-in-louisiana
[url=http://wqm.in/roulette_play-roulette-net]mega lottery how does it work[/url] horseracing betting heinz 57 [url=http://wqm.in/bingo_bingo-australia-seven]bingo australia seven[/url]
blackjack free top casinos http://wqm.in/gambling-online_gambling-casino-online-bonus bingo game download for free [url=http://wqm.in/gambling-online_minimizing-the-effects-of-legalized-gambling]minimizing the effects of legalized gambling[/url]

Anonymous said...

parental movie review [url=http://moviestrawberry.com/films/film_xchange/]xchange[/url] movie summers end http://moviestrawberry.com/films/film_labor_pains/ the huntng movie
in the movie then and now who died [url=http://moviestrawberry.com/films/film_day_of_the_woman/]day of the woman[/url] king of the castle movie film http://moviestrawberry.com/films/film_aliens_in_the_attic/ milf movie gallery
powerpuff girls movie commercials [url=http://moviestrawberry.com/films/film_left_behind_ii_tribulation_force/]left behind ii tribulation force[/url] albuquerque movie guide
sougou movie download [url=http://moviestrawberry.com/films/film_choke/]choke[/url] twink and daddy bear xxx movie retailers http://moviestrawberry.com/films/film_sunset_blvd_/ writing a movie
movie theater and west boylston massachusetts [url=http://moviestrawberry.com/films/film_scarecrow/]scarecrow[/url] book to movie http://moviestrawberry.com/films/film_flame_of_barbary_coast/ new movie with amanda byne

Anonymous said...

original cinderella movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_kill_bill_vol_2/]kill bill vol 2[/url] movie screenplay samples http://moviestrawberry.com/hqmoviesbycountry/country_canada/?page=4 the thing movie quotes
biographies of movie stars online [url=http://moviestrawberry.com/films/film_crazy_with_the_heat/]crazy with the heat[/url] movie excaliber http://moviestrawberry.com/films/film_casper/ movie wav viney
loews movie theatres [url=http://moviestrawberry.com/films/film_el_muerto/]el muerto[/url] ten canoes movie ontario show times
ottawa movie listings [url=http://moviestrawberry.com/films/film_beethoven_s_big_break/]beethoven s big break[/url] record movie cd http://moviestrawberry.com/films/film_candlelight_in_algeria/ movie theater rutland vermont
the best little girl in the world movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_sunset_park/]sunset park[/url] aggressive blading movie clips http://moviestrawberry.com/films/film_white_dog/ crossroads movie theater cary nc

Anonymous said...

running scared the movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_music_and_lyrics/]music and lyrics[/url] shark movie clip http://moviestrawberry.com/films/film_flesheater/ rise blood hunter movie
segregated and unsegregated movie theathers [url=http://moviestrawberry.com/films/film_love_hollywood_style/]love hollywood style[/url] country the movie ratatouille is set in http://moviestrawberry.com/films/film_three_can_play_that_game/ dangerous things movie
the art of kissing 2 movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_an_american_crime/]an american crime[/url] movie with cow on the cover
movie 1970s fantastic voyage [url=http://moviestrawberry.com/films/film_border_wars/]border wars[/url] adult movie downloads http://moviestrawberry.com/films/film_the_cradle/ free music from the movie the wizz
onley movie theaters [url=http://moviestrawberry.com/films/film_manufacturing_dissent/]manufacturing dissent[/url] how did dear johnny die in the movie then and now http://moviestrawberry.com/hqmoviesbycountry/country_austria/ movie script french kiss 1995 meg ryan

Anonymous said...

xp antivirus software removal http://buyoem.co.uk/it/product-37365/Video-Sound-Editor-2-2 paretologic software customer service phone number [url=http://buyoem.co.uk/fr/category-6/Logiciel-de-serveur]website software for art gallery[/url] gps demo software
[url=http://buyoem.co.uk/fr/product-24146/Adobe-Design-Premium-CS4-Mac]Adobe Design Premium CS4 [Mac] - Cheap Legal OEM Software, Software Sale, Download OEM[/url] ada for software engineers
[url=http://buyoem.co.uk/es/product-36586/Microsoft-Windows-7-Ultimate-x32-Spanish][img]http://buyoem.co.uk/image/3.gif[/img][/url]

Anonymous said...

simply stopping by to say hi

Anonymous said...

what is software information process http://buyoemsoftware.co.uk/product-33532/Artizen-Natural-3-0-for-Photoshop-x64 adobe databases software [url=http://buyoemsoftware.co.uk/product-36871/Okdo-All-to-PowerPoint-Converter-Professional-4-3]write dvd-rw software free[/url] best rated security software
[url=http://buyoemsoftware.co.uk/product-36886/PremiumSoft-Navicat-for-SQLite-Enterprise-Edition-10-0]PremiumSoft Navicat for SQLite Enterprise Edition 10.0 - Download OEM, Software Sale, OEM Software[/url] website image save software
[url=http://buyoemsoftware.co.uk/es/category-100-109/Antivirus-y-seguridad][img]http://buyoem.co.uk/image/5.gif[/img][/url]

Anonymous said...

accounting online software http://buysoftwareonline.co.uk/it/news-37/Microsoft-Windows-7-SP1-Coming-in-early-2011 panda software deutsch gratis [url=http://buysoftwareonline.co.uk/de/product-34597/Adobe-Creative-Suite-5-5-Production-Premium-MAC]wireless signal locator software tool[/url] windows shell swapping software
[url=http://buysoftwareonline.co.uk/es/product-24418/Adobe-Fireworks-CS4-Mac]Adobe Fireworks CS4 [Mac] - Cheap Legal OEM Software, Software Sale, Download OEM[/url] sgh-i600 software
[url=http://buysoftwareonline.co.uk/product-36743/Ashampoo-GetBack-Photo-1-0][img]http://buyoem.co.uk/image/5.gif[/img][/url]

Anonymous said...

sri lanka dating free sites in [url=http://freeinternetdating.info/brides/plus-size-brides-blogs]plus size brides blogs[/url] dating challenge convent station 2010
is chili dating bill currently http://freeinternetdating.info/marriage/pleasantine-mill-marriage cigar and male dating sites
jevon kearse dating divas [url=http://freeinternetdating.info/seeking/denomination-seeking-church-plants]tuscaloosa christian dating[/url] dating service for 13

Anonymous said...

blackjack software http://downloadoemsoftware.co.uk/es/product-36584/Microsoft-Windows-7-Ultimate-x32-Norwegian blackberry users software applications [url=http://downloadoemsoftware.co.uk/it/product-36898/Spacehead-Systems-MixUp-2-0]game making software for mac[/url] best choices software
[url=http://downloadoemsoftware.co.uk/fr/information-3/Politique-de-confidentialit-]Politique de confidentialite - Cheap Legal OEM Software, Software Sale, Download OEM[/url] black berry software maual
[url=http://downloadoemsoftware.co.uk/product-34391/Corner-Bowl-Internet-Server-Monitor-10-0-x64][img]http://buyoem.co.uk/image/3.gif[/img][/url]

Anonymous said...

find dating accounts http://loveepicentre.com/advice/ gay dating in brisbane
dating soldiers usarmy [url=http://loveepicentre.com/articles/]charleston sc dating[/url] interracial dating in montgomery al
dating colorado [url=http://loveepicentre.com/testimonials/]dating norway[/url] free christian dating local [url=http://loveepicentre.com/user/mrcaptaincarlos/]mrcaptaincarlos[/url] uk singles uk dating uk singles

Anonymous said...

dating in the dark full episode http://loveepicentre.com/articles/ interracial dating services online
paul mccartney dating attorney [url=http://loveepicentre.com/faq/]sex dating for mature adults[/url] dating sites in asia
no cheaters dating services [url=http://loveepicentre.com/map/]dating for married before online[/url] afair dating [url=http://loveepicentre.com/user/parejitamsn/]parejitamsn[/url] dating waiting not calling

Unknown said...

Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan requirements.After saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.