Wednesday, June 06, 2007

Global Warming !!!


Kalian merasakan nggak sikh ada yang aneh dengan cuaca disekitar kita belakangan ini, kadang panas dan tiba-tiba hujan lebat mengguyur. Musim kemarau dan penghujan telah bergeser dari yang jaman dulu kita belajar di sekolahan bahwa musim kemarau tiba mulai april - oktober dan musim hujan berawal dari bulan oktober - april. Tapi kini semuanya telah bergeser dan bahkan sekarang hujan masih mengguyur di bulan yang dulunya kita anggap sebagai masa pancaroba.

Mungkin tanpa kita sadari, perlahan tapi pasti suhu disekitar kita terus beranjak naik dari tahun ke tahun. Sebagai contoh dulu waktu saya pertama kali berkunjung ke kota Bandung di tahun 1990an, suhu di kota tersebut sangatlah sejuk dan banyak sekali pohon-pohon besar di sepanjang jalan Pasteur. Bahkan kalau malam, jangan harap saya mau mandi....bisa menggigil dan saya selalu minta air hangat untuk mandi. Tapi sekarang semenjak jalan tol dibuka dan pepohonan besar banyak yang ditebang, daerah dago atas banyak yang dijadikan perumahan dan cafe....kini suhu di kota Bandung tidak sesejuk dulu lagi. Dari atas balkon kamar teman saya, terkadang miris melihat perbukitan di selatan kota Bandung telah gundul. Hal ini yang menyebabkan suhu disekitar kota meningkat di siang dan malam hari.

Dari laporan para ilmuwan di ITB, kota-kota di Indonesia banyak mengalami hal serupa. Kota polonia di sumatra utara, suhu minimumnya telah meningkat 0,17 derajat Celcius pertahun. Kota Denpasar menjadi 0,87 derajat Celcius pertahun dan bahkan yang semakin parah adalah menyusutnya salju abadi di Puncak Jaya, pegunungan Jayawijaya, Papua.

Yang miris sewaktu saya berkunjung ke stand pameran Free port di JHCC beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengajukan pertanyaan kesalahsatu petugas Freeport yang asli suku Papua...mengenai salju abadi. Dan ia dengan bangga menjawab bahwa penambangan di Freeport tidak mempengaruhi penurunan volume salju abadi di puncak Jaya . Padahal saya tahu bahwa penambangan tersebut mempengaruhi volume salju abadi dan merusak beberapa area yang dulu masih asri sewaktu ditemukan oleh tim mapala UI. Kini menjadi area penimbungan tailing atau sisa bekas penambangan. Ironis memang....kepentingan ekonomi mengalahkan semuanya!! :(

Akibat pemanasan global, permukaan air teluk Jakarta terus naik 0,8 cm pertahun, jika terus meningkat tiap tahun menurut para ahli kelautan di ITB maka di tahun 2050 beberapa area di Jakarta (kosambi,penjaringan,cilincing) dan bekasi (muaragembong, babelan,tarumajaya) akan terendam selamanya. Bahkan saya masih ingat area di desa tarumajaya dan muaragembong semasa banjir besar di bulan Februari 2007 yang lalu terendam hingga berminggu-minggu.

Yang lebih parah diperkirakan 2000 pulau di Indonesia akan tenggelam pada tahun 2050. Mungkin kalian pernah melihat film "An Inconvenient Truth" yang diambil dari buku laris karya Al Gore - mantan wapres USA. Bahkan Al Gore telah memprediksikan bahwa banyak species laut punah akibat rusaknya terumbu karang dan bahwa virus flu burung timbul karena lepasnya 'organisme' yang tadinya tinggal di hutan lebat bermigrasi ke tempat yang lebih tinggi dan menyerang manusia.

Yang paling memalukan, Indonesia akan masuk Guiness Book of Record di tahun 2008 sebagai negara dengan laju kerusakan hutan tertinggi di dunia dan gelar ini diajukan oleh pihak Greenpeace dan telah disetujui. Nah untuk menyelamatkan bumi ini agar tidak semakin panas, mungkin kita bisa memulainya dari diri kita. Mungki beberapa tindakan ini yang bisa disebut Eco Friendly Campaign,

1. matikan listrik - jika tidak digunakan sebaiknya cabut charger HP dari stop kontak. meski listrik tidak menghasilkan emisi karbon, pembangkit listrik PLN menggunakan bahan bakar fosil penyumbang terbesar emisi.
2. tanam pohon peneduh - mungkin sudah saatnya kita memanam tanaman disekitar kita sebagai pohon peneduh bukan sekedar pohon estetika saja seperti pohon palem-paleman yang notabene tidak menyejukkan udara disekitar rumah. Jangan pernah membeli pohon palem-paleman di taman kalian, carilah pohon buah-buahan yang yang bisa menjadi peneduh dan berguna bagi keluarga atau lingkungan sekitarnya. Misalkan pohon jambu air atau pohon mangga.It's just a crazy idea....gimana kalau pas ultah kalian masing-masing usahakan untuk menanam sebuah pohon peneduh atau buah-buahan.
3. jangan buang sampah sembarangan - memang snagatlah sulit yang satu ini tapi sebenarnya tidaklah sulit kalau mau mencoba, selain karena negara kita tidak menyediakan banyak tempat sampah tetapi juga peraturan daerah yang tidak jelas. Tapi nggak ada salahnya kita mencoba dari diri sendiri dengan menyediakan tong sampah kecil di mobil, tidak membuang sampah sembarangan baik di sungai atau area sekitar kita.
4. pilih desain rumah dengan ventilasi yang baik - banyak rumah-rumah minimalis yang semakin ramah lingkungan. Seperti rumah teman saya di tebet yang sengaja saya desain minimalis dan mempunyai ventilasi yang baik serta taman yang menarik. Bahkan Alf residence di BSD juga sangat baik secara ventilasi, karena bagian belakangnya dibuat terbuka sehingga udara segar bisa masuk leluasa. Jadi bisa mengurangi pemakaian AC atau kipas angin yang notabene menggunakan tenaga listrik.
5. buka kulkas seperlunya - jangan biarkan anda membuka kulkas terlalu lama, beri jarak 15 cm antara kulkas dengan dinding agar sirkulasi udara pada mesin berjalan lancar.
6. bijak dengan penggunaan AC - nah ini yang sering saya dengar, banyak yang bawelnya setengah mati kalau udara lagi panas. Kalau lagi merokok di dalam mobil, buka jendela cukup lebar dan matikan ACnya. Kalau pakai AC di rumah, tutup jendela dan pintu rapat-rapat serta atur suhu secukupnya, pengurangan suhu AC 1 derajat celcius sama dengan hemat biaya 5%. Panggil petugas AC untuk membersihkan filter dan coil dari debu agar kerja AC tidak berat. Jangan lupa bahwa karpet juga memperlambat efek dingin dari AC, penggunaan lantai dari bahan keramik, marmer atau kayu dapat dianjurkan. Gunakan timer untuk AC dan matikan kalau tidak perlu.
7. hemat penggunaan kertas - kertas tissue dibuat dari kayu hutan jadi bijaklah dengan kertas tissue, cukup menggunakan 1 - max 3 lembar tissue sekali pemakaian. Kertas kantor untuk ngeprint, foto kopi , dll.....ini yang paling saya benci. Teman-teman saya dikantor paling tidak peduli kalau mereka salah ngeprint yang hingga kertasnya terbuang dengan percuma atau mereka tidak peduli dengan kertas bekas yang masih bisa digunakan dihalaman belakangnya. Biasakan melihat di mesin print, apakah masih ada kertas kosong yang ikutan didalam hasil print out? Sudahkah tersedia kotak besar berisi tulisan Kertas Bekas, agar bisa digunakan sebagai bahan kertas daur ulang. Lumayan kita bisa membantu pemasukan teman-temen office boy dengan menyisihkan kertas bekas file di dus kertas bekas untuk dijual sebagai kertas daur ulang.
8. Say no to plastic and sterofom - nah ini yang paling susah yakh...dimana-mana serba plastik. Mau belanja di warung sebelah rumah, pasar hypermart sekalipun tetap aja jinjingannya plastik, mau beli makanan untuk dibawa pulang, bungkusnya pasti plastik atau sterofom....memang menyebalkan negara dan penduduk kita memang belum 'melek lingkungan'. Yang paling mudah untuk dilakukan adalah tiap kali saya belanja di Alfa Mart dekat rumah entah membeli rokok atau apa saja yang jumlahnya tidak banyak dan masih bisa saya kantongi, saya selalu menolak untuk diberi tas kresek dari plastik. Toh sesampainya dirumah tas plastik kecil itu menjadi tidak berguna.....
9. Hemat air - air adalah kehidupan.....saya bisa saja puasa makanan tapi ampun dekh, godaan paling besar adalah rasa haus. Manusia bisa mati tanpa air, dan tubuh kitapun terdiri dari air. Saat ini banyak sungai mengering dan debit danau menyusut, karena hutan ditebangi. Air laut sudah mengintrusi daratan, jadi jangan aneh kalau mandi diperumahan citra garden III di daerah dan mogot, masih terasa licin dan kasat karena air pamnya tercampu dengan air payau. Di Cilincing, air sumurnya sudah berbau dan tidak bisa digunakan untuk mandi, padahal dulu waktu kecil saya tinggal di jalan Kebantenan III, Semper Timur, Jakut....air sumurnya masih jernih dan tawar karena sekitar jarak 50m masih ada beberapa empang sebagai penetralisir air laut.Kini empang atau danau buatan kerana tanahnya diambil, kini sudah hilang ditimbun sampah dan diatas timbunan sampah tersebut dibuatlah bangunan rumah. Untuk itu, kita harus menghemat pemakaian air......atau buatlah sumur resapan disekitar rumah kalian. Gampang koq buat sumur resapan....
10. Hemat bahan bakar - dikantor saya beberapa teman menjadi anggota bike to work, mereka naik sepeda dari rumah ke kantor. Jujur saya masih belum bisa naik sepeda dari rumah ke kantor...masih males melakukannya. Seandainya dari bekasi - sudirman/thamrin/kuningan ada MRT / subway seperti di negri jiran.......wah pasti nikmat banget selain cepat, praktis serta tidak ada polusi udara. Dijamin udara di Jakarta pagi hari pasti main cerah dekh.....Nah salahsatu solusi yang saya terapkan adalah membeli bahan bakar yang hemat energi untuk motor saya. Saya suka dengan produk bahan bakar merk Shell.....mahal dikit nggak apa-apa yang penting hemat energi. Hitungannya dengan beli bensin pertamina seharga Rp 10,000 biasa dengan jarak bekasi - kuningan tanpa jalan kemana-mana (motor supra fit) bisa untuk pp selama 1,5 hari. Tapi dengan produk Shell seharga Rp 12,000 maka saya bisa pp bekasi - kuningan untuk 2,5 hari. Lumayan hemat khan........
11. Hindari furniture dari kayu Nyatoh - saya selalu mengingatkan kepada teman-teman yang ingin beli furniture agar tidak membeli furniture dari kayu nyatoh. Kerana dedaunan kayu nyatoh adalah makanan utama orang utan. Habitat orang utan semakin menipis karena penebangan hutan secara liar. Kayu jati adalah pilihan yang terbaik karena masih banyak perkebunan kayu jati di Indonesia.
12. Pilih produk fashion dan kosmetik hijau - saatnya menjadi konsumen yang cerdas. Pilihlah produsen yang peduli pada lingkungan dan bisa didaur ulang misalkan The Body Shop, GAP, H&M, Levi's, Marks & Spenser, Edun, Stella Mc cartney, dan busana serat karya Nelwan Anwar. Jangan lupa agar bijak dalam pemilihan pakaian, selama kalian masih tinggal di negri tropis belilah bahan pakaian ringan yang cocok untuk suhu tropis, agar kita tidak kepanasan yang ujung-ujungnya boros di pemakaian AC kerana takut panas.
13. hindari mencuci pakaian dengan cara Dry Clean - ternyata penggunaan bahan kimia dan steamer pada proses dry clean menghasilkan uap yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan pemanasan global.
14. matikan monitor komputer - penggunaan screen saver hanya akan menambah penggunaan daya listrik. Untuk itu jangan lupa matikan komputer kantor apabila ingin pergi lama atau jam pulang kantor.
15. Manfaatkan tekhnologi - belilah produk elektronik yang hemat energi mulai dari bohlam jenis CFL yang awet n hemat, AC hemat energi dan sampai batere rechargeable. Jangan lupa membayar tagihan atau tranfer uang online agar tidak perlu ke bank dengan kendaraan.
16. Jangan malas untuk jalan kaki - selain sehat juga hemat bahan bakar.....makanya ganti dengan sepatu atau sandal yang ringan.

Bijak sekarang untuk masa depan yang lebih baik...Have a nice day.

save the earth - eco friendly campaign,

No comments: